Khayalan Taman

Jakarta,

Jakarta saat ini bisa dibilang kota metropolitan yang cukup maju, menurut pendapat pribadi saya, mungkin Jakarta di mata penduduk Indonesia lain, sama seperti New York bagi masyarakat Amerika. Hutan beton tempat dimana banyak orang menggantungkan mimpinya demi mendapat hidup yang lebih baik.

Sebagai seorang yang lahir dan besar di Jakarta, saya sendiri cukup merasakan bedanya suasana Jakarta 15 tahun lalu dimana saya masih seorang anak polos berusia 7 tahun, hingga saat ini, seorang anak yang tidak terlalu polos diusia awal 20. Ya, paling tidak saya merasakan perubahan yang terjadi di daerah sekitar pemukiman saya. Yang tadinya merupakan sawah dan kebun sekarang berubah menjadi beton beton tinggi yang menjulang dengan megah bernama apartment, mall, atau bahkan ruko. Memang pemerintah telah membangun sebuah taman hijau untuk berolahraga, namun setelahnya sebuah klub olahraga malah merombak jogging tracknya dan sekarang berubah menjadi barisan ruko warna – warni.

Hal tersebut memang tidak bisa kita hindari, mengingat semakin berkembangnya jaman, yang membuat harga dimana – mana menjadi mahal. dan kawasan tempat tinggal saya ini meskipun merupakan sebuah daerah laut beralas keramik kala banjir 5 tahunan melanda tetap memiliki harga jual yang tinggi. Dan itu menurut saya jelas mendorong para developer untuk mencari celah agar bisa menjual tanah di daerah sini guna menarik keuntungan.

Memang, jika dilihat dengan adanya banyak bangunan baru, berarti akan semakin banyak tempat – tempat baru yang bisa saya sambangi untuk sekedar bertualang mencari hal – hal baru untuk memenuhi keinginnan saya, dan saya bukannya tidak senang dengan hal itu. Apalagi saya ini bukanlah orang yang suka dengan kegiatan di luar ruangan. Kegiatan yang menyenangkan bagi saya adalah membaca buku ditempat yang sejuk oleh angin buatan dari AC disertai alunan musik tenang yang memanjakan telinga, atau berkumpul bersama beberapa teman dekat untuk berbincang disebuah tempat yang nyaman.

Memang bukan berarti saya tidak menginginkan sebuah taman yang hijau dan asri. Saya ingin sekali, Jakarta atau khususnya daerah rumah saya ini bisa memiliki lebih banyak daerah hijau, yang diharapkan bisa menmbuat udara lebih sejuk tanpa terhalang hutan buatan dari beton – beton tinggi. Seperti yang saya tuliskan diatas, walaupun saya bukan penyuka kegiatan outdoor, saya juga memiliki keinginan untuk bisa berjalan – jalan santai di taman yang hijau dan asri yang juga menyediakan jajanan jaman dulu seperti kue ape atau kue cubit, untuk dinikmati saat membaca buku atau sekedar berbincang dengan teman.

Keberadaan taman di Jakarta menurut saya, juga harus dibarengi dengan kesadaaran kita sebagai masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan, karena taman dapat menjadi tidak nyaman karena banyaknya tumpukan sampah di area taman. Kalau sudah begini, siapa yang bisa disalahkan? Menurut saya baik pemerintah dan masyarakat keduanya seharusnya bisa bekerja sama untuk menciptakan suasana yang nyaman dan asri. Dari pihak pemerintah, bisa dengan menyediakan tempat sampah lebih banyak, dan masyarakat juga sebaiknya mulai sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Apabila memang tidak tersedia tempat sampah, sebaiknya masukkan sampah kedalam suatu wadah, dan baru dibuang saat menemukan tempat sampah.

Dengan adanya taman di Jakarta, menurut saya ini dapat membantu masyarakatnya untuk mengurangi tingkat stress, karena saat pikiran sedang penat, semilir angin segar dapat membantu kita menyegarkan kembali pikiran. Saat ini, yang menjadi spot favorit saya untuk sekedar duduk menikmati angin adalah taman ditengah Central Park mall. Cukup dengan mampir sebentar ke hypermarket yang ada di basement dan membeli sedikit cemilan, saya sudah siap untuk duduk santai menikmati semilir angin di sore hari sebelum akhirnya akan kembali ke hutan beton untuk kembali beraktifitas.

Mari kita sama – sama berharap agar semakin banya masyarakat yang sadar dengan kebersihan dan makin bertambahnya developer yang mau membangun taman dengan pohon tinggi menjulang, bukannya kumpulan beton tinggi.

sincerely,

anak gedong yang rindu taman.

Leave a Reply

