Pemimpin Ideal

what makes us a best leader?

apa yang membuat kita menjadi seorang pemimpin yang baik?

mungkin saya bukan orang yang sudah cukup berpengalaman untuk berbicara bagaimana karakter pemimpin yang baik. Tapi berdasarkan sedikit pengalaman, dari bagaimana pola berorganisasi, saya mulai berpikir bagaimana karakter pemimpin ideal itu.

menurut saya, ada kriteria yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin. seperti jelas menguasai apa yang akan dia pimpin, kemampuan komunikasi yang baik, dan beragam hal lainnya yang bisa dilihat sendiri diberbagai buku kepemimpinan lainnya.

saya sendiri memiliki beberapa kriteria, yang mungkin tercatat disalah satu buku itu, yaitu bertanggung jawab. tepatnya bertanggung jawab kepada, bukan hanya yang dia lakukan, tapi kepada semua yang terjadi dibawah supervisinya.

kenapa begitu? padahal apa yang salah kan bukan si ketua, tapi anggotanya, well, ya si ketua juga salah kalau begitu. karena kenapa dia tidak bisa menjaga kinerja anggotanya, hingga akhirnya anggotanya itu berbuat salah. dan bila hal seperti ini terjadi, si ketua haruslah bisa menerima untuk mendapatkan konsekuensi bersama dengan anggotanya.

menurut saya seberapa baik pemimpin itu dapat dilihat dari bagaimana si pemimpin menerima konsekuensi akibat kesalahan yang dilakukan oleh anggotanya. Karena pemimpin yang baik itu, menurut saya memimpin dengan memberi contoh, dan apabila terjadi kesalahan, dengan menjalani konsekuensi itu adalah salah satu cara pemberian contoh yang baik. Karena itu memperlihatkan tanggung jawabnya terhadap kesalahan yang telah terjadi.

Selain itu seorang pemimpin itu juga harus bisa menjaga kondisi emosinya agar tidak meledak – ledak. Karena menurut saya dengan kondisi emosi yang tidak stabil, seseorang tidak akan bisa berpikir dengan jernih.

Beegitulah sedikit pandangan saya terhadap sosok pemimpin yang ideal. Sosok yang bertanggung jawab dan jelas dapat mengendalikan emosinya.

Andy William
24 November 2011

Leave a Reply

