Was. Is. Will

Setiap orang memiliki kecenderungannya masing-masing. Ya gak? Seperti misalnya bagaimana dia menjalani hidupnya. Menurut gue ada 3 kecenderungan. Terjebak di masa lalu, hidup di masa sekarang, dan terlalu memikirkan masa depan.

Orang yang terjebak di masa lalu, akan cenderung memikirkan masa yang sudah lewat itu, dia ga terlalu peduli dengan masa sekarang ataupun masa depannya. Apa yang sering dilihat olehnya, ya apa yang sudah terjadi, kalau hal bagus maka dia akan terus merujuk ke hal itu dan mungkin, tidak mau melihat hal – hal yang baru. Sedangkan kalau hal jelek, maka dia bisa minder dan merasa gagal terus menerus. Padahal masih ada masa sekarang dan masa depan untuk mempelajari kesalahan itu.

Orang yang terlalu memikirkan masa depan, cenderung menghabiskan waktunya dengan berpikir apayang harus dilakukan besok. Dia akan cenderung melupakan apa yang telah dilewati dan tidak menikmati hidup di masa sekarang, karena terlalu mencemaskan apa yang akan terjadi di masa depan. Padahal, siapa yang bisa memastikan apa yang akan terjadi. Hal yang pasti itu hanyalah ketidakpastian itu sendiri.

Orang yang hidup dimasa sekarang, Cenderung akan hidup dengan nyaman, tanpa beban. Kenapa? Karena dia akan bisa menikmati hari. Disaat dia hidup disaat sekarang, maka dia tidak akan mencemaskan masa lalunya, dan tidak akan terlalu memusingkan masa depannya. Dia akan melihat masa lalu sebagai pembelajaran untuk tidak diulangi dimasa sekarang, dan bisa hidup dengan nyaman dimasa depan.

Kenapa saya menulis seperti ini? Ya, sebenernya saya lagi mengalami kegalauan kalo kata abege sekarang. Disaat masa mengerjakan skripsi, kadang saya juga memikirkan mau bagaimana untuk kedepannya. Bahkan sampai melupakan skripsi, karena terlalu memikirkan masa depan, ataupun juga mengenang masa – masa awal kuliah.

Posting ini merupakan sebuah pengingat, untuk diri saya sendiri maupun teman – teman lainnya. Untuk bisa menjalani dulu hari ini, dengan pelajaran dari masa lalu, dan tujuan yang ingin diraih. Jangan terlalu memikirkan yang lainnya dulu, mari kita nikmati hidup dimasa sekarang. Karena ga ada yang tahu apa yang akan terjadi besok, kalau memang sudah jalannya, akan tetap terjadi kok… 🙂

Andy William

21 Oktober 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s