Melatih Diri

Untuk bisa menjadi lebih baik, kita harus melatih diri kita. Setuju ga?

Dengan melatih diri kita berusaha untuk bisa memperbaiki diri kita, dari hal – hal yang ga terlalu kita kuasai, perlahan – lahan dilatih agar lebih baik lagi. Dan untuk melatih diri itu ga harus yang bertapa di goa selama setahun penuh, atau menyendiri di suatu pedalaman. Tapi bisa juga diselipkan di kehidupan sehari – hari.

Jadi, dalam rangka ulang tahun vihara Mudita Center, gue dan temen gue janjian untuk jadi vegetarian, sampe hari H, yang mana totalnya 2 minggu lebih. temen gue pasti pada kaget, gue jadi vegetarian? Kalo makan bakmi aja ga pernah mau pake sayur, tiba tiba jadi vegetarian. Well, at first I was quite shocked too. Tapi, setelah dijalanin, ya udah ternyata bisa kok jadi vegetarian.

Sebenernya awalnya itu, gue cuma ikutan aja, karena diajakin sama temen gue yang mirip Barrack Obama untuk vegetarian, sampe acara ulang tahun vihara. Tapi setelah dijalanin, ternyata itu bisa menjadi suatu ajang melatih diri yang cukup baik buat gue.

Jadi vegetarian itu suatu ajang pelatihan diri buat gue, karena kita dituntut untuk bisa disiplin dalam milih makanan. Selain itu ini juga bikin kita jadi lebih teliti, kenapa? Karena gue suka nyemil, dan biasa jajan secara beringas, dengan menjadi vegetarian gue akan lebih teliti dalam memilih jajanan apa yang mau gue beli.

Ya, memang pas hari pertama gue udah mikir susah nih banyak daging-daging menggoda. Tapi ternyata ya biasa aja. Karena kalo memang niat, ya pasti kuat kok, bahkan sampe selesai vegetarian, gue ga ada craving yang parah buat makan daging. Emang sih, jadi lebih ribet buat makan di luar. Tapi ya sejauh ini gue bisa dapet aja tuh makanan tanpa daging. It’s all back to you. If you really mean it, then there will be a path open for you.

Bahkan sekarang gue mulai berpikir untuk menjadi vegetarian selama seminggu dalam sebulan. Sebagai ajang pelatihan diri, agar bisa melatih diri gue yang selebor ini menjadi lebih disiplin.

Yah, begitulah sedikit pengalaman gue dalam melatih diri untuk menjadi disiplin dan teliti. Karena untuk melatih diri itu, ga harus menyediakan waktu khusus. Tapi bisa juga dengan mengaplikasikannya sehari – hari. Karena, walaupun kita rajin ikut pelatihan tapi ga dijalanin di kehidupan sehari-hari kan sama juga bohong. Karena yang menjadi ujiannya itu didalam kehidupan sehari – hari.

 

Andy William

15 Oktober 2011

Leave a Reply

