What a Smile Can Do

Sebenernya ga terpaku sama senyum aja sih, tapi lebih ke kata atau tindakan yang konon katanya klise namun sebenernya punya efek*paling ga buat gue* yang wow. Sebagai contoh, disaat lagi pusing mikirin sesuatu yang atau stuck dengan suatu kerjaan yang sampe bikin ga semangat, cuma sekedar tepukan di bahu  dibarengi dengan senyuman dan kalimat ‘you can do it.’ bisa jadi suatu sumber semangat yang besar. Karena menurut gue hal itu bisa menggambarkan suatu level kepercayaan dari seseorang kalau kita bisa melewati segala masalah. Hal itu akan menimbulkan percikan semangat baru didalam kita.

Selain itu itu juga seperti menggambarkan kalo kita ga sendirian. Masih ada orang yang berjaga dibelakang kita, yang mau jagain kita, kalo – kalo misalnya kita gagal dan terjatuh. Mereka akan siap membantu kita untuk dapat berdiri dan kembali berjalan melewati masalah yang ada. Dan sebagai mahkluk sosial, kita jelas akan sangat senang kalau tahu bahwa ada seseorang disana yang mendukung, sehingga mendorong semangat kita.

Coba bayangin gimana kinerja orang yang dikelilingi orang yang suportif dan kinerja orang yang merasa ditinggalkan. Orang yang didukung biasanya akan lebih baik, karena dia punya sumber semangat yang datang dari orang lain, atau pujian yang menyenangkan hati sehingga menambah semangat untuk terus berkarya. Sedangkan orang yang sendirian, biasanya kinerjanya ga sebagus orang yang dipenuhi dukungan, karena biarpun dia mau bekerja dengan sepenuh hati, pasti kalau ga ada orang yang mendukung kinerjanya akan menurun.

Karena itu sebagaimana kita senang menerima senyuman dan dukungan dari orang lain, alangkah baiknya jika kita juga mau meberikan senyum dan dukungan kepada orang lain. Lagipula muka senyum itu lebih enak dilihat daripada muka cemberut, bukan begitu bukan?

Mari rayakan hari raya waisak dengan senyum sumringah.

Happy Vesakh 2555 BE.

May all beings be happy.

Andy William

17 May 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s