Garam dan Merica

Dua bahan ini bisa dibilang merupakan bahan dasar dari tiap masakan, karena masakan apa sih yang ga pake garam sama merica? Bahakan kadang kalo kurang garam sedikit aja, rasa makanan bisa kurang mantep gitu. Ga nendang. Ada satu quote yang gue suka dari Head Judge Top Chef, Tom Collichio, kalo ga salah begini bunyinya, “sometimes, what you need in a dish just a little bit pepper and salt.” Eh, ya pokoknya intinya, terkadang karena kita lupa masukin garam sama merica, rasa makanannya jadi kurang begitu mantep.

Lah terus nape..?

Ya menurut gue itu merupakan salah satu pengingat buat kita, kalo terkadang, kita perlu inget suatu hal yang simpel, sesuatu yang sebenernya menjadi dasar. Terkadang kita suka terlalu sibuk mikirin hal – hal yang lebih heboh, dan ga memperhatikan hal – hal dasar, yang sebenernya akan mempengaruhi hal – hal heboh itu. Misalnya, kita udah heboh – heboh norak gitu mau liburan ke luar negeri, udah urus hotel, itinerary, tiket, akomodasi disana, pokoknya urusan udah beres, tinggal berangkat-sampe-hura – hura aja. Tapi, ternyata pas berangkat ke airport, ga liat – liat jam lagi, terus kena macet, eh ketinggalan pesawat/kapal. Yaudah, kelar urusan, bye bye jalan – jalan. Karena ngerasa udah heboh ngurus – ngurus yang laen, tapi hal – hal kecil seperti waktu keberangkatan ke airport/pelabuhan ga diperhitungkan.

Soalnya lebih keren juga gitukan ngomongin nanti disana mau ngapain, kita makan apa disana, sehingga hal yang didalam negeri keliatan leboh sepele. Soalnya sekalian pamer juga gitu kan kalo lagi ngumpul sama yang laen, pasti heboh-girang-norak gitu kalo ngomong mau ke luar negeri. Karena itu kita harus bisa lebih sadar, lebih peduli sama hal – hal kecil disekitar kita, yang sebenernya penting tapi karena kurang keren, jadi dicuekibn, padahal kalo hal kecil itu ga dilakuin bisa batal semua rencana yang udah disusun keren – keren tadi.

Tulisan ini bukan bermaksud mengajari atau sok menasehati, tapi ini merupakan suatu pengingat buat gue, dan juga teman – teman yang baca untuk bisa lebih sadar, lebih peduli, lebih ‘ngeh’ gitu sama hal – hal kecil disekitar kita. Karena terkadang hal kecil itulah yang sebenarnya memegang peranan yang cukup penting. Batman aja kalo ga ada Alfred bisa gila, Tony Starks juga kalo ga ada Pepper Potts udah bunuh diri gue rasa.

Karena itu, yuk kita coba untuk lebih memperhatikan hal kecil di sekeliling kita.

Andy William

Jakarta, 15 Mei 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s